Merah Putih Hijau

MPH dibentuk pada tahun 2016, ketika sekelompok orang yang memiliki motivasi berkumpul dan bertujuan untuk menindaklanjuti masalah peningkatan plastik dan sampah di Bali. Kelompok ini bekerjasama dengan Desa Pererenan, Kelompok subak di Pererenan, penduduk desa Pererenan, perusahaan lokal di bidang sustainability dan kontributor lainnya. Kelompok ini didukung oleh Yayasan Gelombang Udara SegarĀ (GUS).

Merah Putih Hijau Tujuan MPH :
  • Menyortir, memproses, mengkompos dan mendaur ulang 90% dari sampah/bahan yang ada di desa.
  • Membuat sebuah contoh, sebuah model kerja yang bisa direplikasi di desa-desa di Bali maupun di luar daerah.
  • Mengedukasi diri sendiri dan generasi berikutnya dengan cara learning by doing.
Apa yang kami lakukan :
Pada proyek pertama kami, tim MPH memberdayakan Desa Pererenan dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk fasilitas daur ulang dan pemilahan sampah. Desa telah menyumbangkan tanah seluas 4 are (400m 2 ) dan juga kendaraan pengangkut sampah, Yayasan Role juga mendonasikan mesin penggiling yang membantu pengolahan kompos.

Kami menggalang dana untuk 12 bulan operasional. Kami memerlukan dukungan anda untuk membuktikan bahwa konsep kami berjalan dan membuktikan ke desa lokal dan BLH,PU dan Pemerintah DKB bahwa model kami lebih efektif dan efisien dibanding sistem TPA yang sudah ada.

Tim kami yang berasal dari relawan lokal telah membangun bank sampah dan kami mengembangkan pengangkutan dengan sistem pemilahan sampah. Kami bekerja dengan sebuah sistem akunting yang dikelola oleh desa (buku besar) untuk semua material yang kami dapatkan dan kami telah siap untuk membuktikan bahwa fasilitas ini dapat menghasilkan keuntungan bagi banjar dan desa perenan.

Dengan memisahkan sampah yang ada di desa, sehingga tingkat daur ulang meningkat dan biaya kebersihan bisa ditekan dan Desa Pererenan bisa mengontrol nilai dari bahan yang ada.

MPH